Siapa yang tidak mengenal rajanya buah seperti durian? Ya, hampir semua kenal namun tidak semua menyukai. Bahkan ada orang yang mencium aromanya saja sudah mual dan ingin muntah, namun sebaliknya banyak pula yang menyukai dengan gila sampai berapa banyak pun siap menghabiskan. Nah, kalau Anda tim mana? Terlepas dari itu pemilihan dan pembelahan durian itu ternyata tidak sembarangan. Hal itu sudah dilakukan oleh mereka yang awam dan sudah profesional, tentu orang awam masih kesulitan untuk menemukan durian yang tepat dari rasa, ketebalan daging dan aromanya.

Tips Memilih Durian yang Nikmat

Pernah menyesal karena membeli durian dengan harga mahal namun rasanya tidak sesuai dengan ekspektasi? Nah, itulah yang perlu untuk dihindari ketika membeli si raja buah. Jangan sampai Anda menyesal karena sudah mengeluarkan banyak uang namun tidak mendapatkan buah sesuai dengan keinginan. Pada dasarnya sama dengan pemilihan jenis buah yang lain, ada beberapa poin penting yang perlu untuk diperhatikan seperti:

1. Kenali aroma durian.

Pertama Anda bisa kenali dari aroma, ini cukup mudah untuk durian yang dikatakan matang pasti memiliki aroma harum menyengat meskipun masih tertutup rapat. Namun jika tidak terlalu berbau, umumnya durian masih mentah atau belum matang sempurna.

2. Perhatikan bentuk durian.

Bila dilihat dari warna kulitnya memang tidak bisa menjadi patokan mana yang sudah matang karena ada beragam kuning, coklat, orange sampai dengan hijaupun ada yang matang. Dengan melihat bentuk bisa membantu, umumnya durian yang bulat menandakan memiliki daging yang lebih banyak dari pada lonjong.

3. Perhatikan tangkai.

Anda bisa kenali durian itu masa pohon atau tidak lihat dari tangkainya, umumnya memang lezat ketika masak pohon. Pilih tangkai yang tebal dan pendek, selain durian yang sudah masak itu juga menjadi tanda daging durian tebal dan banyak.

4. Perhatikan bagian duri durian.

Bila Anda ingin mendapatkan durian yang manis bisa pilih dengan duri yang lebih pendek dan terlihat jarang. Umumnya duri yang masih rapat menjadi tanda jika itu durian belum matang sempurna.

Tips Membelah Durian yang Tepat

Selain paham dengan cara pemilihan durian yang tepat, Anda perlu paham pula cara pembelahan durian dengan benar. Jangan salah, meskipun ini sepele namun jika salah akan membuat Anda kesulitan untuk menemukan daging duriannya. Tips mudahnya mulai dengan letakkan durian di lantai, setelah itu goreskan pisau yang tajam pada kulit dengan memperhatikan untuk mengikuti seratnya. Tidak perlu untuk dalam-dalam ketika memotong hanya sekitar 10 inci saja.

Tahan durian supaya tidak lepas dan goyang, bisa gunakan sarung tangan jika takut duri melukai tangan atau jari. Setelah serat kulit pada durian terbuka, bisa langsung membuka pada bagian luarnya menggunakan tangan dengan ditarik. Pasti akan membelah dengan sendirinya dan daging durian langsung terlihat.

Bagaimana, cukup sulit tidak menemukan durian dengan tepat? Jika memang kesulitan bisa langsung saja belanja di TaniHub. Bukan saja durian namun Anda bisa mendapatkan beragam jenis buah, sayur dan kebutuhan dapur lainnya dengan kualitas segar setiap hari. Tidak perlu repot belanja keluar rumah dimasa pandemi, hanya dengan duduk manis dari rumah, pesan, bayar dan barang akan langsung diantar. TaniHub bekerjasama dengan para petani Indonesia, jadi apapun produk yang ditawarkan sudah jelas kualitas terbaik. Untuk kebutuhan dapur pribadi ataupun usaha Anda, serahkan semuanya di TaniHub saja!

By Irwan